Blog tutorial animasi dan gambar digital (Plus free source files)

Saturday, July 2, 2016

Cara Mudah Menggunakan Vcam AS3 Untuk Memberi Efek Gerakan Kamera Pada Animasi Flash


Hallo sanak semua, udah lama nih saya nggak update postingan diblog sederhana saya ini, dikarenakan ada beberapa hal yang harus saya kerjakan (buat nambah jajan pas lebaran hehehe), dan ngemeng2 tampilan blog ini udah saya renovasi dikit loh dan namanyapun udah saya ganti dari "BLERB_94" menjadi "Tampuruang Flash" kenapa dirubah?? karna ada temen yang nyaranin buat rubah biar lebih.....AH sudahlah. Dari pada banyak ngebacot langsung aja ke intinya aja, kali ini saya mau berbagi bagaimana cara menggunakan Vcam AS3 untuk memberi efek gerakan kamera pada animasi flash, dan bagi yang belum mempunyai Vcam AS3 bisa langsung sedot aja disini.

Jika sudah langsung aja masuk ke langkah2 menggunakannya :


1. Berdoa dulu sebelum melakukan segala aktivitas.

2. Buka bahan yang udah sanak download tadi, tentunya dengan adobe flash yang ngedukung buat AS3.

3. Nah dari bahan yang sudah sanak download tadi kita akan mulai latihan bagaimana langkah sederhana membuat efek kameranya, untuk yang pertama kita akan mencoba memberi efek kamera bergerak kekanan (cara ini juga bisa digunakan untuk gerakan2 yang lainnya tergantung kreatifitas kita memanfaatkannya)

a. Insert frame layer V-cam dan Vektor sampai ke frame 50, dengan cara klik kanan pada frame 50 >> insert frame.



b. Klik kanan frame pada layer V-cam (terserah pada frame yang keberapa) kemudian pilih "create clasic tween" hasilnya akan seperti dibawah ini (garis putus2 menandakan fungsi efeknya nggak berfungsi).



Insert keyframe pada frame 50 untuk layer V-cam, dan coba geser gambar persegi (bidang kamera untuk Vcam) pada key frame 50 tersebut kekanan untuk menghasilkan gerakan kameranya.


Untuk melihat hasilnya tekan CTRL + ENTER selesai.

Oke sekian dulu untuk tutorial "Cara Mudah Menggunakan Vcam AS3 Untuk Memberi Efek Gerakan Kamera Pada Animasi Flash "  Sebenarnya dengan cara yang sama sanak juga bisa membuat gerakan zoom kamera yang epik, yaitu dengan cara : 
a) Pada keyframe 1 di layer V-cam perkecil gambar persegi yang merupakan bidang kameranya, tekan juga shift saat memperkecilnya agar saat memperkecil bentuknya tak berubah2 dan mempengaruhi hasilnya. 

(BONUS FILE) Animasi 2D dengan Efek zoom Kamera

Like Halaman Facebook Tampuruang Flash untuk mendapat update terbaru seputar animasi, gambar digital, dan hal - hal menarik lainnya. 
[ Silahkan Share Jika Bermanfaat]
*Jangan lupa ninggalin jejak*
⇓⇓⇓⇓⇓⇓⇓
Share:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Halaman Facebook

Powered by Blogger.

Blog Archive

 

SUKA BLOG INI?? SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN DAN APRESIASI PENGUNJUNG, SILAHKAN MAMPUSIN / MATIIN DULU ADBLOCK-NYA SELAMA MENGAKSES BLOG INI.

[ BUAT YANG SUDAH MATIIN ADBLOCK-NYA.... KALIAN LUAR BIASA!! ^^ ]

[ DAN BUAT YANG BELUM MATIIN ADBLOCKNYA ANE SUMPAHIN PANTATNYA BISULAN.... HAHAHA BECANDA XD ]

[]

[]

×
close